blog

Arab saudi cekal orang palestina buat haji & umroh

 

Arab saudi cekal orang palestina buat haji & umroh

Kebijakan baru dikeluarkan riyadh terkait bersama warga palestina. Satu buah kebijakan yg semena-mena lantaran menghalangi orang palestina menunaikan ibadah haji atau umroh di mekah. Aspek ini telah teramat tidak sesuai dgn aliran agama islam.

Arab saudi menghentikan pemberian visa terhadap orang palestina yg mau menunnaikan ibadah haji & umroh. Larangan itu termasuk juga masyarakat palestina yg memegang paspor sementara dari yordania & yerusalem timur. Padahal kwantitas jamaah haji & umroh dari wilayah palestina mencapai beberapa ratus ribu orang tiap-tiap tahunnya.

Kebijakan itu amat sangat mengagetkan warga palestina. Ada kira kira 634.000 masyarakat palestina yg berada di pinggir barat, mencakup wilayah yerusalem timur. Mereka tidak menyangka bahwa menunaikan ibadah utk memenuhi kewajiban sbg umat muslim diblokir oleh kerajaan yg selayaknya mengaku beragama islam.

Pemberitahuan larangan dari kerajaan arab saudi di terima oleh lembaga pariwisata palestina. & ini melengkapi larangan pada warga palestina buat bepergian ke negara lain. Arab saudi jadi negara muslim mula-mula yg memblokir warga palestina.

Aku mendapat konfirmasi bahwa mereka tak dapat memberikan visa,” kata kamal abu dhiab, petinggi pariwisata palestina.

Paspor yordania berlaku utk lima thn, dikeluarkan bagi warga palestina yg bermukim di wilayah yerusalem timur. Meski paspor itu dikeluarkan yordania, tapi mereka terus masyarakat negara palestina. Bersama paspor tersebut, warga palestina dapat ke luar negeri.

Larangan dari konsulat arab saudi di amman tersebut dengan cara resmi diumumkan oleh kementrian wakaf & urusan agama palestina yg berada di pinggir barat. Peraturan itu berlaku sejak awal september ini. Agen-agen perjalanan palestina amat terpukul dgn kebijakan arab saudi.

Agen-agen perjalanan wisata & ibadah haji/umroh terpaksa menaati peraturan baru dari arab saudi lantaran takut kehilangan kontrak kerja bersama kementrian haji & umroh plus turki arab saudi. Bagaimanakah pun mereka tak mau business & mata pencahariannya tertutup sebab melanggar peraturan yg semena-mena itu.

Warga palestina cuma sanggup masuk ke arab saudi bila memperoleh paspor & visa yg dikeluarkan pa. Budget yg dikeluarkan yaitu 240 shekel (mata duit palestina) yg setara bersama 65 dollar as. Paspor ini cuma berlaku utk satu thn. Pembuatannya memakan saat satu hari.

Tapi warga palestina teramat takut seandainya mendaftarkan diri utk paspor dari pa. Mereka dapat kehilangan status & area tinggalnya di yerusalem timur. Ini ialah kiat yg licik dari arab saudi & israel buat mengusir penduduk palestina yg tinggal di yerusalem timur.

Israel menduduki yerusalem timur dalam perang timur tengah terhadap thn 1967. Sejak itu israel konsisten mencaplok wilayah palestina di sekitarnya. Masyarakat palestina yg terus tinggal di sana tak memiliki status hukum yg terang. Israel berikhtiar mengusir mereka bersama bermacam macam cara.

Pemblokiran penduduk palestina yg mau menunaikan haji & umroh menyusul nasib jamaah yg berasal dari qatar. Jumlahnya 1500 orang jamaah haji dari qatar tidak berhasil menunaikan ibadah haji ke mekah dikarenakan dilarang oleh pemerintah kerajaan arab saudi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *