blog

Bagaimana Mengelola Informasi Ternak dalam Lembar Kerja Excel

Bagaimana Mengelola Informasi Ternak dalam Lembar Kerja Excel

Pengelolaan informasi peternakan bisa menjadi kompleks, terutama di peternakan besar atau peternakan. Livestock Management System Perangkat lunak Excel memungkinkan Anda membuat spreadsheet yang dapat disesuaikan untuk melacak informasi seperti berat badan, status perkembangbiakan, vaksinasi, jadwal makan dan pengobatan dengan format yang mudah diurutkan sehingga Anda dapat menemukan informasi yang Anda butuhkan tanpa membaca beberapa halaman setiap saat. Setelah Anda menentukan kategori yang ingin Anda sertakan di spreadsheet pengelolaan ternak Anda, Anda siap untuk membuat satu lembar atau buku kerja dengan beberapa lembar kerja individual.

Cara membuat Data Laporan Peternakan dengan Microsoft Excel.

Buka buku kerja Excel yang baru. Jika versi Excel Anda memberi Anda pilihan template, pilih “Create a blank workbook.”

Klik kanan pada tab yang bertuliskan “Sheet 1” di bagian bawah jendela Excel. Pilih “Rename” dan beri nama untuk jenis binatang pertama yang ingin Anda lacak, seperti “Sapi” atau “Kuda”. Lakukan ini untuk hewan lain menggunakan tab lain, dan buat lebih banyak tab sesuai kebutuhan dengan memilih “Sisipkan”, lalu “Lembar Kerja” setelah mengklik kanan.

Masukkan “Nama” atau “Nomor Identifikasi” di sel pertama baris pertama pada setiap spreadsheet, lalu lanjutkan ke baris 1, tambahkan judul untuk setiap item yang ingin Anda lacak, seperti usia, kunjungan dokter hewan terakhir, berat badan atau yang lainnya yang relevan. data.

Masukkan nama atau pengenal lainnya untuk setiap hewan yang Anda lacak di kolom A, di bawah tempat Anda memasukkan “Nama” atau judul yang serupa. Isi sisa setiap baris untuk setiap hewan, biarkan sel kosong jika Anda tidak memiliki datum untuk hewan itu.

Lengkapi lembar kerja untuk setiap jenis hewan dan simpan buku kerja Anda dengan menekan tombol “Ctrl” dan menekan “S.” Masukkan nama untuk buku kerja Anda dan klik “Simpan”.

Klik di sel B2 dan pilih “Window”, lalu “Freeze panes.” Ini akan menjaga agar judul dan identifikasi hewan Anda tidak terlihat seberapa jauh Anda menggulir ke bawah atau ke kanan pada spreadsheet. Periksa fungsi “Help” pada versi Excel Anda untuk “Freeze panes” jika tidak menawarkan opsi ini, karena versi yang lebih baru mungkin berbeda.

Ubah ukuran kolom dan baris sesuai keinginan dengan mengklik garis di antara keduanya dengan mouse dan menyeretnya sesuai ukuran yang Anda inginkan.

Untuk aplikasi Livestock Management System dengan menu lengkap dan sangat mudah digunakan, kunjungi situs kami di http://wmotion.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *