blog

Perkembangan Proyek Infrastruktur Indonesia Tahun Ini

Perkembangan Proyek Infrastruktur Indonesia Tahun Ini

Proyek infrastruktur merupakan proyek yang menjadi sorotan utama dalam kepemimpinan Predisen Joko Widodo. Pada selasa tanggal 8 Agustus 2017 Presiden Joko Widodo memanggil 7 menteri bidang ekonomi untuk membahas dua masalah, yaitu Presiden menginginkan agar investasi terus dipacu dan yang kedua adalah Presiden Joko Widodo menginginkan beberapa proyek infrastruktur yang lama belum terselesaikan agar segera diselesaikan dalam waktu dekat.

Berkaitan dengan permasalahan kedua ini, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan segera bertemu dengan Duta Besar Jepang Masafumi untuk membahas 4 masalah proyek infrastruktur di bidang transportasi bilateral kedua negara. Kerja sama dengan negara Jepang ini membahas mengenai pembangunan infrastruktur pembangunan peningkatan kecepatan jalur kereta api Jakarta – Surabaya.

Menurut Mentri Perhubungan Budi, Kemenhub akan berkomitmen untuk melanjutkan kerja sama antara Pemerintah Indonesia dengan JICA (Japan International Coorperation Agency) dalam mewujudkan rencana percepatan waktu tempuh pada proyek kereta api Jakarta – Surabaya akan dibuat 5 jam perjalanan saja.

Kemenhub juga akan meminta Dirjen Kereta Api Indonesia untuk membahas masalah ini dengan staf Kedutaan Besar Jepang, terkait masalah perpanjangan waktu pembayaran dari pinjaman pembangunan jalur kereta api double track Cikarang – Manggarai.

Sementara itu terkait dengan permasalahan rencana pembangunan Pelabuhan Patimban, Menteri Perhubungan mengatakan bahwa Pemerintah Indonesia akan terus melaksanakan rencana kerja sesuai dengan jadwal yang telah disepakati oleh kedua negara. Pemerintah Indonesia pun terus melakukan pembahasan tentang rencana kerja untuk operator Pelabuhan Patimban tersebut.

Perkembangan Proyek Infrastruktur Indonesia Tahun Ini

Sesuai dengan perintah dari Presiden Joko Widodo kepada 7 Menteri Bidang Ekonomi agar memperbaiki koordinasi dengan pihak rekan kerja sama seperti negara Jepang terkait dalam pembangunan proyek infrastruktur yang sedang dilakukan.

Pemerintah juga selalu optimis dan terus mengejar proyek pembangunan Pelabuhan Patimban Subang yang sebagian besar proyek ini didanai oleh JICA ini akan berjalan dengan mulus dan lancar. Sementara itu Deputi Bidang Pendanaan Pembangunan Bappenas Kennedy Simanjuntak mengatakan bahwa pihaknya telah melaksanakan penyelesaian green blok Patimban yang merupakan salah satu persayaratan untuk mendapatkan loan agreemen yang sedang di proses di Kementerian Keuangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *